Friday, January 20, 2023

Berkaca dari 2022, Ini Prediksi Strategi SEO Terbaik 2023

Strategi SEO Terbaik 2023

Sejalan dengan meningkatnya persaingan online, maka semakin penting pula untuk memastikan agar strategi SEO kita selaras dengan praktik terkini. Walaupun begitu, para pakar berpendapat bahwa strategi SEO terbaik 2023 agak-agaknya tidak berbeda jauh dari tahun lalu.

Menilik dari laporan SEO terbaru Search Engine Journal (SEJ), tantangan-tantangan terbesar yang marketer dan para pemilik website akan alami masih berkisar pada tetek-bengek seputar:

  • Kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI)
  • Machine learning
  • Algoritma E-A-T (expertise, authoritativeness, dan trustworthiness)[1]

Dari sini, terlihat bahwa 2023 tampaknya tidak akan terlalu menjadi tahun yang sibuk bagi kita untuk belajar strategi SEO baru. Jadi, barangkali tidak ada salahnya kita berkaca dari 2022 dan menyaring taktik-taktik SEO yang masih akan manjur diterapkan di tahun ini:

1. Membuat Konten Berkualitas

Karena sekarang menerbitkan konten biasa-biasa saja sudah nggak keren lagi.

Tidak diragukan lagi, konten yang berkualitas adalah intisari dari SEO. Bahkan rasa-rasanya ungkapan “content is king” masih akan terus relevan sampai kapan pun.

Karena secara logika, konten berkualitas akan selalu mendorong trafik yang lebih tinggi, pengunjung yang lebih banyak, dan ... ya, tingkat konversi yang lebih tinggi pula!

Apalagi, mesin pencari, terutama Google, sangat menyukai konten-konten dengan nilai guna tinggi.[2] Kalau konten kita tergolong dalam kategori yang disukai Google, maka secara otomatis blog atau website kita akan terus dipromosikan ke peringkat tertinggi.

Triknya? Kita agak-agaknya sudah ratusan kali mendengar petuah ini, tetapi memastikan konten kita menarik, mudah dibaca, dan ramah pembaca sekaligus ramah mesin pencari adalah triknya.

Memang, menerapkan semua trik ini tidak akan menjamin kita hasil instan, tetapi dalam jangka panjang, efek positifnya pasti dapat kita rasakan.

2. Mendapatkan Backlink Berkualitas

Bukan cuma konten kita saja yang harus berkualitas tinggi, backlink kita juga. Faktanya, Google masih menganggap backlink sebagai salah satu faktor kritis dalam menentukan peringkat konten, loh. Begini, anggap saja backlink itu sebagai testimoni dari blog atau website lain tentang kualitas konten kita.

Nah, tidak heran, ‘kan, mengapa backlink berkualitas tinggi sangat berpengaruh terhadap kinerja blog atau website kita di search engine.[3]

Lantas, bagaimana cara mengoptimalkan SEO melalui backlink? Dari sekian banyak cara yang ada, satu yang tergolong “mudah” adalah dengan bekerja sama dengan blogger atau pemilik website lain untuk mengulas blog atau website kita.

Nyatanya, tidak sedikit blogger yang nyambi sebagai penulis lepas. Nah, dengan memanfaatkan jasa mereka, kita bisa mendapatkan tautan ke konten yang hendak kita promosikan. Sebagai gantinya, kita akan mendapatkan trafik yang tertarget, deh.

3. Menggunakan Desain yang Responsif

Ngaku, deh, kamu pasti akan angkat kaki secepat kilat dari blog atau website dengan desain yang super lemot dan nggak karuan, ‘kan?

Sayangnya, banyak narablog atau pemilik website yang belum menyadari bahwa desain responsif adalah salah satu jalan ninja menuju peringkat tinggi di mesin pencarian.

Desain “estetik” sekali pun tidak sanggup mengalihkan perhatian Google dari blog dan website dengan desain yang ramah di bermacam-macam perangkat.

Strategi yang satu ini memang lebih technical daripada dua strategi sebelumnya. Jadi, kalau kita nggak pede dengan kemampuan sendiri, mempercayakan kepada ahlinya adalah keputusan bijak.

Web designer berpengalaman tentunya tahu apa yang harus dirombak dari desain blog atau website kita untuk memastikan waktu loading yang singkat, desain yang konsisten di berbagai macam perangkat, gambar-gambar yang teroptimasi, dan tipografi yang responsif.

4. Mengoptimasi Pencarian Suara

"Ok, Google" mengubah segalanya...

Voice search belakangan ini sedang naik daun. Besar kemungkinannya inovasi teknologi ini akan semakin meledak di tahun 2023. Data menunjukkan bahwa 71% pengguna internet lebih suka memanfaatkan voice search daripada harus repot-repot mengetik kata kunci tertentu di browser mereka.[4]

Pasar baru ini menuntut perlakuan yang baru juga. Oleh karena itu, sudah saatnya kita memastikan apakah blog atau website kita teroptimasi untuk pencarian suara. Jika belum, jangan khawatir. Ada beberapa cara relatif sederhana yang dapat dicoba, kok.

Pertama, gunakan kata kunci konversasional. Maksudnya? Begini contohnya, alih-alih menarget keyword ambigu seperti “periode musim hujan”, pilih “kapan periode musim hujan berlangsung di Indonesia?”.

Dengan kata lain, target kata kunci yang banyak dipertanyakan oleh pengguna internet dalam bahasa sehari-hari mereka.

Kedua, pastikan blog atau website kita mobile-friendly. Ini lantaran 20% voice search dilakukan melalui smartphone.[5] Kita sebaiknya nggak melewatkan emas hanya gara-gara terlalu malas untuk memastikan apakah blog atau website kita responsive di bermacam-macam tipe perangkat.

Ketiga, buat bagian frequently asked questions (FAQ) di dalam konten, jika memungkinkan. Prinsipnya adalah “loe tanya, gue jawab”!

Dari keempat strategi SEO terbaik 2023 di atas, tiga di antaranya tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sebaliknya, kita sepertinya masih memerlukan waktu untuk menggali lebih dalam tentang voice search. Tetapi jika semuanya demi memperbaiki SEO blog atau website kita, apa sih yang nggak? Selamat mencoba!


Referensi:

https://rockcontent.com/blog/seo-trends-2023/

https://nealschaffer.com/seo-best-practices/

https://developers.google.com/search/blog/2022/08/helpful-content-update

https://kinsta.com/blog/responsive-web-design/

https://thrivemyway.com/voice-search-stats/ 

No comments:

Post a Comment

Pssst: menulis komentar yang bijak dan enggak mengandung unsur SARA itu keren, lho. Cobain, deh.

Artikel Terkait